Tuesday, August 21, 2007

InsPiration StoRi...
















Komunikasi Berdasarkan Ekspresi - Pengungkap (Expresser)

Berdasarkan cara mengekspresikan dirinya, manusia ternyata juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang sangat menikmati cara mengungkapkan sesuatu dengan ceria, ada pula yang lebih suka menjadi pendorong dan di tempat lain ada yang lebih suka menggunakan otak analitisnya untuk menganalisa sesuatu. Paling tidak ada tiga yang dapat dicatat disini: expresser (pengungkap), driver (pendorong) dan analytical (analitis). Pada edisi ini akan kita bahas karakter dan gaya komunikasi orang dengan tipe Pengungkap (Expresser).
Karakter Orang Pengungkap (Expresser)

Orang dengan karakter ini selalu gembira dan suka bertanya tentang orang. Artinya orang yang melakukan sesuatu lebih diutamakan untuk diketahui daripada apa hasilnya. Mereka juga tidak menyukai keterangan yang berbelit-belit karena tidak mau kehilangan momen membahagiakan yang mereka miliki. Mereka adalah makhluk sosial dalam arti sebenarnya, yaitu: benar-benar menikmati hidup secara sosial, bergaul, bercengkerama dan bercanda dengan siapa saja yang mereka temui. Mereka tidak suka data-data yang akan membuat kening berkerunyut hingga mengurangi keceriaan mereka. Mereka lebih suka hal-hal yang berbau fun dan fenomena kehidupan sehari-hari saja.

Gaya Komunikasi dengan Orang Pengungkap (Expresser)


Orang-orang tipe ini adalah mereka yang straight forward dalam arti to the point. Mereka tidak menyukai pantun, puisi dan lagu lama yang penuh dengan kata berbunga-bunga ketika berbicara dengan mereka. Bagi mereka, semuanya harus dikemas dengan singkat dan jelas.
Untuk jelasnya, gaya komunikasi berikut dapat dijadikan pedoman jika berhadapan dengan para
expresser:

  • Ikutilah irama kesenangan mereka.
  • Tunjukkan emosi sesuai yang mereka tunjukkan.
  • Berikan tepuk tangan yang diperlukan.
  • Berikan tanggapan atas apa yang mereka katakan dengan semangat.
  • Beri pengakuan atas apa yang telah mereka kerjakan.
  • Reaksi cepat diutamakan ketika berkomunikasi dengan mereka.
  • Beri mereka tantangan dan mereka pasti akan menyukainya.
  • Jangan melebihi mereka.

Jika berhadapan dengan tipe orang pengungkap ini, gembiralah selalu karena hal ini akan dapat membuat kita masuk ke dalam lingkaran mereka. Mereka orang yang sangat sederhana sebenarnya dalam arti mereka suka hal-hal yang tidak bertele-tele dan langsung ke sasarannya. Oleh karenanya, ikutilah gaya itu, niscaya percakapan akan dapat menuai keharmonian.

No comments: