Friday, August 3, 2007

CeRiTa BijaK

Kesan pada Sekuntum Bunga
Sepasang suami istri menceritakan pengalaman mereka tentang sekuntum bunga mawar yang telah memberi dampak sangat besar. Ketika itu pasangan tersebut melakukan perjalanan ke luar kota. Di tengah perjalanan mereka mampir ke sebuah rumah makan nan asri yang berada di tepi jalan raya.
Si istri tak langsung duduk dan memesan makanan seperti yang dilakukan suaminya, melainkan langsung pergi menuju kamar kecil. Di kamar kecil yang ditata sangat rapi dan bersih itulah si istri melihat sekuntum bunga mawar nan segar dan cantik. Seketika hatinya terdorong untuk membersihkan washtafel.
Selesai bersantap, pasangan suami istri itu segera menuju meja kasir. "Mawarnya segar dan cantik sekali," kata si istri kepada pemilik rumah makan memuji. "
Terima kasih, " sahut pemilik restoran itu dengan penuh keramahan. "Setiap hari saya selalu meletakkan aneka jenis bunga segar dan cantik sejak 10 tahun lalu. Aneka jenis bunga itu sudah mengurangi pekerjaan saya membersihkan kamar kecil," lanjut pemilik rumah makan menjelaskan.
Pesan:
Wanita itu dengan kesadaran pribadi membersihkan washtafel karena melihat keindahan bunga di depan matanya. Hal itu menegaskan bahwa manusia lebih percaya pada apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang mereka dengar. Karena pada dasarnya sangat sulit mengajak orang lain bersedia membudayakan hal-hal yang positif, misalnya kejujuran, kebersihan, kecantikan, kemurahan hati, menjaga kecantikan & kesehatan fisik dan lain sebagainya hanya dengan anjuran, imbauan, seruan, dan lain sebagainya.
Jika kita menginginkan segala sesuatu sesuai dengan keinginan kita, maka jadikanlah diri kita sebagaimana apa yang kita inginkan. Berikanlah lebih banyak contoh yang nyata. Mulailah dari diri kita sendiri dengan cara mengoreksi diri sendiri, memperbarui apa yang mesti dibenahi, memperbanyak ilmu pengetahuan, mempertebal iman, memperindah penampilan dan sikap supaya kita senantiasa sejuk dipandang dan membahagiakan jika didekati.
Dengan demikian orang lain tidak akan segan menghormati dan bahkan mengikuti langkah kita dengan sukacita, sebagaimana peran aneka macam bunga dalam kisah diatas. Jika kita sendiri sudah mampu bersikap positif, maka segala keuntungan yang lain akan datang kepada kita dengan sendirinya. "A large part of virtue consists in good habits. - Sebagian besar kebaikan berasal dari sikap yang positif," kata Barbara Paley.

No comments: