Wednesday, July 11, 2007

PMKRI WiTh POKJA PENDIDIKAN

Kelompok Kerja (POKJA)

PENDIDIKAN GRATIS DIY

Ada Masalah Dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) 2007…?

POKJA Pendidikan Gratis DIY adalah : singkatan dari Kelompok Kerja Pendidikan Gratis yang terdiri dari organisasi mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi masyarakat termasuk PMKRI Cab. Yogyakarta, juga organisasi perempuan di DIY yang peduli kemajuan pendidikan Indonesia.

Tujuan POKJA ini dibentuk adalah : memperjuangkan seluruh masyarakat di DIY supaya dapat sekolah tanpa ada kendala biaya sekolah yang mahal menuju pendidikan gratis sesuai amanat konstitusi kita (UUS 1945 pasal 31 pendidikan dasar dibiayai pemerintah). Dan perjuangan tersebut akan lebih optimal kalau kita semua bergandengan tangan berjuang bersama untuk mendorong pemerintah mewujudkan pendidikan gratis di Indonesia.

Dalam PSB 2007 di DIY ini, seluruh calon siswa harus dapat sekolah tanpa ada kendala pembiayaan pendidikan. Juga pelaksanaan PSB 2006 dulu diwarnai cukup banyak penyimpangan dari kebijakan PSB yang ada. Karena lemahnya pengawasan dan penegakan hukum sehingga PSB 2007 ini mesti kita pantau bersama.

POKJA Pendidikan Gratis DIY akan melakukan pemantauan PSB 2007 dengan cara : PERTAMA Sejak 2-14 Juli 2007, POKJA Pendidikan Gratis membuka posko-posko pemantauan di seluruh DIY bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan pemantauan, pengawasan, serta advokasi terhadap berbagai penyimpangan atau persoalan dalam PSB 2007. KEDUA Apabila diperlukan akan menindaklanjuti permasalahan- permasalahan PSB 2007 dengan melaporkan aduan ke instansi yang berwenang, seperti : Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, Bawasda. LOD DIY, LOS DIY, bahkan kepolisian.

Dasar yang perlu diakukan adalah : PERGUB No. 7 Tahun 2007 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2007. Selain peraturan PERGUB, juga Peraturan Walikota (PERWALI) PSB No. 30 Tahun 2007.

Pro Ecclesia Et Patria!

Franche Sitanggang.

PGK PMKRI Cab. Yogyakarta.

No comments: